Selasa, 06 Maret 2012

Teknik SCREAM & GROWL

 Berikut Ini Akan Saya Tampilkan Pengertian GROWL dan SCREAM
1. SCREAM
Sekarang saya akan meberitahu cara Scream menurut saya pribadi,,heheheheh
Hmmm,,,scream pastinya harus Exhale !! karena kalo di lakukan secara Inhale itu mah…bukan scream lagi tapi jadi growl !!
Scream adalah jeritan yang menghentak !! ini biasanya di gunakan pada band2 yang beraliran Screamo. Hmm saya belum begitu pandai pada teknik scream karena selama manggung saya kebanyakan menggunakan growl…
Tapi saya akan mencoba membagikan cara berscream yang benar.

- Lebih baik kita harus sering mendengar lagu dari band2 screamo.. seperti alesana dan saosin band2 itu banyak melakukan Exhale !!
- Kalo mau all out .. berarti harus berteriak sekuat tenaga..lebih baik anda lakukan ini di studio Band,karena kalo dirumah ataupun tempat umum pasti anda akan di kira mabuk atau kerasukan !! haha(saya sering di sangka begitu :-p)
- Tapi cara yang benar sebenarnya tak usah berteriak sampai kehabisan.. scream yang paling bagus kalo kita itu melakukan dengan setengah suara tapi terdengar nyaring… seperti yang part lagu “one day she will tell you that she has enough” pada lagu Face Down by The Red jumpsuit Apparatus . Kita bisa melakukannya tanpa all out !!
- Kalo mau bescream nafas itu di kuatkan pada perut bukan dada..kalo dada itu untuk growl !!
- Usahakan tenggorokan itu harus basah2 karena kalo kering..di jamin screamnya bakal gak jadi !!!hhahah
- Waktu ber scream..nafas itu di buang keluar !! sambil menyanyikan part yang akan di scream-kan..
- Kalo kita melakukan scream . yaitu membuang keluar ,,dan mencampurkan nada rendah,bunyi nya akan seperti bergrowl rendah !!
- Kalo kita berscream rendah truss all out ..khususnya buat cewek… coba dengar lagu2 nya DEADMAYA…. Nanti bunyi nya akan semacam itu..(aku juga loh kalo scream rendah bunyinya sama dengan Sar benett,Deadmaya… ;-p *pamer* wkwkw)
- Kalo aku berscream tapi gak all out,cuman stengah suara tapi nyaring...bunyinya akan seperti vokalis In This Moment…(coba deh dengar lagu2 mereka…khusus buat cewek ya)

2.GROWL
Untuk melakukan growl sebenarnya mudah…oh ia..growl itu kebanyakan di gunakan pada musik2 metal..

Inilah cara pertama saya melakukan growl..selain sering mendengarkan lagu2 cadas..kita juga harus mepunyai keinginan untuk meniru-niru growl yang ada di lagu..
Hmmm…untuk bergrowl…
- Coba deh waktu bernyanyi itu kita menarik nafas ke dalam menggunakan mulut.. jadi itu akan menghasilkan bunyi growl,,,
- Growl itu adalah suara tarikan..refrensinya begitu … coba deh browse!! Jadi usahakan nafas kita mampu untuk di tarik2 ke dalam..
- Kalo mau ber growl harus berkuat pada Dada.
- Growl itu seperti orang asmag yang kedengaran tersiksah Karena sesak nafas!! hAha..tapi jangan takut..memang kalo pertama2 kelihatan susah tapi lama2 akan terbiasa…
- Growl bisa yang bernada rendah sehinggah terdengar suara monster,,,hahaha tapi ada juga Growl yang berbunyi tinggi… kelihatan seperti berteriak dan akan berbunyi nyaring… itu akan kelihatan seolah2 kita berScream…
- Growl itu banyak jenisnya… tapi saya mengajarkan cara growl yang dasar dulu.. karena kalo sudah benar2 menguasai growl dasar,,kita dapat pindah belajar pada tingkat yang lebih susah,,yaitu meniru berbagai suara binatang…(jangan ketawa loh!! Ini serius!!)

Suara2 binatang yang kita tiru akan berbunyi keren loh seperti mengikuti suara binatang (maaf ya) Babi. Itu namanya slamming,, sambil melagukan lagu

Buat Yang Mau Belajar Tehnik Growling/Guttural Vocal

Suara atau yang akrab kita sebut dengan vokal, dalam bermain musik atau band sangantlah penting, karena vokal di tempatkan sebagai objek yang pundamental dalam bermusik, diblog saya kali ini membahas atau share maslah bagaimana karakter vokal scream atau chord dan growl itu kita bisa lebih mahir dalam memainkanya dan prepisional easy and menjadi masternya rocker. Dan sebenarnya berlatih memainkan karakter vokal ini sangatlah susah dan membutuhkan kewaspadaan dalam berlatihnya, karena bagaimanapun karakter vokal scream ini mengandalkan dari kerongkongkan tenggorokan yang setiapkali dalam perbait atau kata kita harus mengeluarkan suara itu, saya memakai cara secara userfriendly saja, yang bisa kita lakukan pada kegiatan sehari-hari baik di rumah atau di tempat yang sepi, yang setidaknya jauh dari keramaian orang untk melatihnya, karena vokal scream seperti yang anda sudah ketahui memiliki karakter hardvoice, setidaknya kita bisa menjaga situasi yang ada pada lingkungan, gunakan lingkungan sebagai wadah kamu konser band yang ramah dan dan penuh energy.
Karakter vokal scream ini ada yang menggunakan teknik vibrato (suara getar) yg paling penting, untuk vocal ini apa cukup dengan hanya menaik-turunkan pitch nada , berlatih dari nada yang pelan-pelan tetapi tidak mengurangi karakter Scream yang ada meskipun pelan-pelan hingga jadi cepat secara otomatis bergetarnya,
Hirup udara sediktit demi sedikit dengan teknik scream

ada lagi sih teknik2 vibra lain yg gua prnah dgr, sperti misalnya: katanya dengan "permainan nafas" ?
ato ada lagi, katanya dengan "permainan lidah & gerak mulut" ?
bahkan katanya banyak yg "malsuin vibra" di pop/rock ya? ...
Cara Alternatif untuk memperindah suara Scream diantaranya dengan ramuan :
  1. Jangan merokok
  2. minum air embun yang sudah di simpan untuk beberapa hari disimpan dan minum di pagi hari
  3. minum serat jeruk
  4. air serbat, atau wedang asem
  5. mimi wedang bandrek (jahe)
Cara natural:
1. Sering berlatih Suara band cadas (scream) min 2jam
2. Atur pernafasan untuk keluar masukan 8jam dalam 1hr
Dah itu dulu selanjutnya di posting beriktnya yc…
Tapi sebelum kelar nie ada Teknik musik dulu..:
UNSUR-UNSUR TEKNIK VOCAL :
  1. Artikulasi, adalah cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
  2. Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
Pernafasan di bagi tiga jenis, yaitu :
Pernafasan Dada: cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah.
Pernafasan Perut: udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah.
Pernafasan Diafragma: adalah pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, mempunyai power dan stabilitas vocal yang baik.
  1. Phrasering adalah : aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
  2. Sikap Badan : adalah posisi badan ketika seseorang sedang nyanyi, bisa sambil duduk, atau berdiri, yang penting saluran pernafasan jangan sampai terganggu.
  3. Resonansi adalah : usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi/ bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  4. Vibrato adalah : Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberigelombang/ suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  5. Improvisasi adalah usaha memperindah lagu dengan merubah/menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa merubah melodi pokoknya.
  6. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.
Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik :
Pendengaran yang baik
Kontrol pernafasan
Rasa musical.
NADA adalah bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya.
SIFAT NADA ADA 4 (EMPAT) :
  1. FITCH yaitu ketepatan jangkauan nada.
  2. DURASI yaitu lamanya sebuah nada harus dibunyikan
  3. INTENSITAS NADA yaitu keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan.
  4. TIMBRE yaitu warna suara yang berbeda tiap-tiap orang.
AMBITUS SUARA adalah luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang.
Seorang penyanyi professional harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya.
CRESCENDO adalah suara pelan berangsur-angsur keras.
DESCRESCENDO adalah suara keras berangsur-angsur pelan.
STACATO adalah suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah.
SUARA MANUSIA DIBAGI 3 (TIGA) :
  1. Suara Wanita Dewasa ;
Sopran (suara tinggi wanita)
Messo Sopran (suara sedang wanita)
Alto (suara rendah wanita)
  1. Suara Pria Dewasa :
Tenor (suara tinggi pria)
Bariton (suara sedang pria)
Bas (suara rendah pria)
  1. Suara Anak-anak :
Tinggi
Rendah.
TANGGA NADA DIATONIS adalah rangkaian 7 (tujuh) buah nada dalam satu oktaf yang mempunyai susunan tinggi nada yang teratur.
Tangga Nada Diatonis Mayor adalah Tangga Nada yang mempunyai jarak antar nadanya 1 (satu) dan ½ (setengah).
Ciri-ciri tangga nada Diatonis Mayor :
  1. Bersifat riang gembira
  2. Bersemangat
  3. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada Do = C
  4. Mempunyai pola interval : 1 , 1 ,. ½, 1 , 1 , 1, ½
Ciri-ciri Tangga nada Diatonis Minor :
  1. Kurang bersemangat.
  2. Bersifat sedih
  3. Biasanya diawali dan diakhiri dengan nada La = A
  4. Mempunyai pola interval : 1 , ½ , 1 , 1 , ½ , 1 , 1 .
Catatan : Teori ini kurang sesuai dengan musik Dangdut yang banyak berkembang di Indonesia.
Contoh Lagu yang bertangga nada Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, Mars Pelajar.
Contoh Lagu yang bertangga nada Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga.
TANGGA NADA KROMATIS adalah tangga nada yang mempunyai jarak antar nadanya hanya ½ . Contoh : C – Cis – D – Dis- E – F – Fis – G – Gis – A – Ais – B
TANGGA NADA ENHARMNONIS adalah rangkaian tangga nada yang mempunyai nama dan letak yang berbeda, tetapi mempunyai tinggi nada yang sama.
Contoh : Nada Ais-Bes, Cis-Des, Gis-As, Dis-Es, Fis-Ges.
APRESIASI yaitu Totalitas kegiatan yang meliputi penglihatan, pengamatan, penilaian, dan penghargaan terhadap suatu karya seni.
BIRAMA adalah ketukan tetap yang berulang-ulang pada sebuah lagu. Contoh birama :
2/4 , 3/4 , 4/4 , 6/8
PADUAN SUARA adalah Penyajian musik vocal yang terdiri dri 15 orang atau lebih yang memadukan berbagai warna suara menjadi satu kesatuan yang utuh dan dapat menampakan jiwa lagu yang dibawakan.
JENIS-JENIS PADUAN SUARA :
  1. Paduan Suara UNISONO yaitu Paduan suara dengan menggunakan satu suara.
  2. Paduan Suara 2 suara sejenis, yaitu paduan suara yang menggunakan 2 suara manusia yang sejenis, contoh : Suara sejenis Wanita, Suara sejenis Pria, Suara sejenis anak-anak.
  3. Paduan Suara 3 sejenis S - S – A, yaitu paduan suara sejenis dengan menggunakan suara Sopran 1, Sopran 2, dan Alto.
  4. Paduan Suara 3 suara Campuran S – A – B, yaitu paduan suara yang menggiunakan 3 suara campuran , contoh : Sopran, Alto Bass.
  5. Paduan suara 3 sejenis T- T – B, yaitu paduan suara 3 suara sejenis pria dengan suara Tenor 1, Tenor 2, Bass.
  6. Paduan Suara 4 suara Campuran, yaitu paduan suara yang mengguanakan suara campuran pria dan wanita, dengan suara S – A – T – B. Sopran, Alto, Tenor, Bass.
DIRIGEN / CONDUCTOR adalah orang yang memimpin Paduan Suara.
Syarat-syarat seorang Dirigen/ Conductor yang baik :
  1. memiliki sifat kepemimpinan
  2. memiliki ketahanan jasmani yang tangguh
  3. sebaiknya sehat jasmani dan rohani
  4. simpatik
  5. menguasai cara latihan yang efektif
  6. memiliki daya imajinasi yang baik
  7. memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan bermain musik.
TANDA DINAMIK adalah tanda utuk menyatakan keras, lembutnya sebuah lagu yang dinyanyikan. Contoh-contoh Tanda Dinamik :
1. f : forte = keras
2. ff : fortissimo = sangat keras
3. fff : fortissimo assai = sekeras mungkin
4. mf : mezzo forte = setemgah keras
5. fp : forte piano = mulai dengan keras dan diikuti lembut
6. p : piano = lembut
7. pp : pianissimo = sangat lembut
8. ppp : pianissimo possibile = selembut mungkin
9. mp : mezzo piano = setengah lembut
PERUBAHAN TANDA DINAMIKA :
- Diminuendo (dim) : melembut
- Perdendosi : melembut sampai hilang
- Smorzzande : sedikit demi sedikit hilang
- Calando : mengurangi keras
- Poco a poco : sedikit demi sedikit / lambat laun
- Cresscendo : berangsur-angsur keras
- Decrsescendo : berangsur-angsur lembut
TANDA TEMPO adalah tanda yang diguakan untuk menunjukan cepat atau lambatnya sebuah lagu yang harus dinyanyikan. A.TANDA TEMPO CEPAT :
1. Allegro : cepat
2. Allegratto : agak cepat
3. Allegrissimo : lebih cepat
4. Presto : cepat sekali
5. Presstissimo : secepat-cepatnya
6. Vivase : cepat dan girang
B. TANDA TEMPO SEDANG :
1. Moderato : sedang
2. Allegro moderato : cepatnya sedang
3. Andante : perlahan-lahan
4. Andantino : kurang cepat
C. TANDA TEMPO LAMBAT :
1. Largo : lambat
2. Largissimo : lebih lambat
3. Largeto : agak lambat
4. Adagio : sangat lambat penuh perasaan
5. Grave : sangat lambat sedih
6. Lento : sangat lambat berhubung-hubungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar